AWAS PENIPUAN !!! DISAMPAIKAN KEPADA SELURUH MAHASIWA UNTAG SEMARANG BAHWA UNTUK PEMBAYARAN BIAYA KULIAH SLIP RESMI DI KELUARKAN OLEH KAMPUS, TIDAK MELALUI SMS, TELEPHON ATAU SEJENISNYA

 

e-learning

untag cloud data

SIMPEG

tracer studi

wawasan kebangsaan

SIM Peneliti

LPM Ditantang Berkiprah di Luar Kampus

Peran lembaga pengabdian masyarakat (LPM) tak boleh mandek di lingkup kegiatan akademik saja. LPM ditantang untuk berkiprah mengikuti perkembangan masyarakat di luar kehidupan kampus. Pernyataan tersebut dikemukakan Rektor Untag Dr Wijaya SH MHum didampingi Ketua LPM Untag Isnanto SH MH di sela-sela kegiatan bimbingan teknis (bintek) peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Jatim di Hotel Horison, baru-baru ini.

”Program pengabdian masyarakat (PPM) adalah kegiatan penting di lingkungan pendidikan tinggi. Namun tak hanya sebatas hanya melaksanakan KKN atau banyak penyuluhan. Seiring dengan itu, kiprah LPM sebagai wadah pengabdian insan kampus perannya harus diperluas,” tutur Wijaya.

Dia mencontohkan kiprah LPM Untag yang kini digandeng Badan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kemendagri memberi kesempatan Untag untuk menerapkan keilmuan mereka melalui kegiatan peningkatan kualitas anggota DPRD provinsi, kabupaten, dan kota. Badan Diklat Kemendagri memandang tingkat kepakaran dalam diri PTS tertua di Jateng itu. Sebab sebagai PTS tua, Untag memiliki sejumlah guru besar dan pakar dengan bidang keilmuan yang mumpuni.

”Hari ini (kemarin-red) kami bahkan diberi kepercayaan memberikan pendampingan bagi pimpinan dan anggota DPRD Jatim. Ini yang saya anggap bahwa peran LPM harus diperluas tak sebatas berkutat pada lingkup akademik namun juga memberikan sumbang saran nyata,” ucapnya. (H41-60)

Mahasiswa Rotterdam Kenalkan Budaya Belanda

SEMARANG - Tiga mahasiswa Rotterdam University Belanda baru-baru ini mengisi acara diskusi di Fakultas Bahasa Unissula. Mereka adalah Tom Overgaauw, Bram Schipper, dan Roel Persoon. Kegiatan bertajuk ”Intercultural Discussion” itu digelar di perpustakaan, dihadiri mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris.

Diskusi yang berlangsung hangat tersebut diisi pentas tari Goyang Semarangan dan tari Saman, sajian mahasiswa Fakultas Bahasa. Selain menyampaikan materi tentang budaya masyarakat negerinya, baik Tom, Bram, maupun Roel berbicara tentang sepak bola dan kehidupan sehari-hari masyarakat Negeri Kincir Angin.

Mereka mengaku terkesan oleh respons dan antusiasme mahasiswa Unissula dalam mengikuti diskusi tentang kebudayaan Belanda. Dekan Fakultas Bahasa Dr Widiyanto dalam sambutannya mengatakan, diskusi tersebut sangat baik untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap kebudayaan negara lain. (C27-60)

Lulusan Perawat Bisa Jadi Entrepreneur

SEMARANG - Lulusan dari Program Studi Keperawatan tidak perlu khawatir saat terjun di dunia kerja. Sebab, lulusan keperawatan pun bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Hal itu disampaikan Dosen Ilmu Keperawatan STIK Muhammadiyah Pontianak, Dr Suriadi MSN AWCS, pada seminar nasional ”Improving Nursing Skillto be The Real Nursepreneur” di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), baru-baru ini.

Dia mengatakan, nurse atau perawat wirausaha harus mampu menciptakan inovasi dalam organisasi pelayanan kesehatan melalui introduksi produk baru. Misalnya, pelayanan yang berbeda atau suatu cara baru dan sederhana mengerjakan sesuatu. ”Dari keilmuan keperawatan itu banyak peluang bisnis. Contohnya, melalui keterampilan interpersonal di bidang pencegahan penyakit seorang lulusan perawat dapat membuka klinik yang khusus di masalah itu,” ungkap pemilik Klinik Woundcare Kitamura Pontianak itu.

Adapun peluang bisnis dan pengembangan pelayanan spesialis yang dapat ditempuh nursepreneur di antaranya wound, perawatan stroke, perawatan asma, pengkajian tumbuh kembang, nutrisi, konsultasi laktasi, penanganan hipertensi, dan konseling imunasi.

Kaprodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura itu menjelaskan, untuk memulai profesi sebagai nursepreneur dan ingin membuka usaha dibutuhkan pula survei pemasaran dengan melibatkan masyarakat, melihat demografi masyarakat, atau melihat lokal sekolah. ”Langkah ini bertujuan agar usaha tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.” (K3-60)

Prosiding dan jurnal

 

   
     

Kontak PMB

  • Kontak Person
  • No. HP: 089 999 1 1717
  • WA: 089 999 1 1717
  • FB : https://www.facebook.com/UNTAG-Semarang
  • BBM: -
  • SMS Center: 85640385949

Kontak Universitas

  • Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur Bhendan Duwur
  • No. Telp.: 024-8441771
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

Lembaga Penelitian

  • Kontak Person:
  • No. HP:
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

UPT Perpus

Nama : Arin Luthfiyah
Telp/HP : 087746487343
Email : arinluthfiyah@gmail.com
Fax : 024-8441772