Lemlit Untag

Kebangsaan Indonesia adalah sebuah ideologi besar yang diusung oleh para pendirinya, serta para civitas akademik yang sekarang terlibat di dalamnya, UNTAG Semarang bertekad membangun suatu idealisme pendidikan kebangsaan di tanah air dengan bangunan mental akademik yang berkarakter kokoh, UNTAG Semarang berusaha mencetak para alumni yang berkarakter Indonesia, yang tercermin dalam kinerja fakultas-fakultas dan program-program studinya, dan dimotori oleh Lembaga Penelitian (LEMLIT) UNTAG Semarang dan kebijakan aktualnya menyentuh langsung ke masyarakat melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNTAG Semarang. LEMLIT UNTAG Semarang didukung oleh 7 (tujuh) Pusat Studinya, yaitu: Pusat Studi Anti Korupsi, Pusat studi Reformasi Pajak, Pusat Studi Tata Kelola Perusahaan, Pusat Studi Lingkungan Hidup, Pusat Studi Bahasa dan Tourism, Pusat Studi Kebijakan Publik Daerah dan Daerah Pedesaan, dan Pusat Studi Wanita.

Elaborasi karakter kebangsaan dikembangkan melalui peranti asumsi kritis teoretis dan logis empiris dalam ranah eksplorasi dan aplikasi ilmu pengetahuan, dan  diharapkan tercermin dan terakselerasi dalam 3 (tiga) hal praktis, yaitu:

(1)   bahwa entitas akademik UNTAG Semarang adalah universitas yang mampu berperan melaksanakan fungsinya atau memiliki abilitas untuk mencetak anak-anak bangsa yang berkarakter kebangsaan yang mampu mengharumkan bangsa Indonesia dalam kancah perpolitikan dan pergaulan madani di masyarakat tanah air dan masyarakat dunia dalam bidang-bidang keilmuan yang berbeda dan saling melengkapi untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Indonesia, yang dilandasi nilai-nilai luhur Pancasila dan dibentengi Undang-Undang Dasar 1945;

(2)   bahwa entitas akademik UNTAG Semarang memiliki fitur-fitur kualitas kebangsaan dan keilmuan tersendiri yang akan diwariskan kepada para anak bangsa yang menimba ilmu pengetahuan di UNTAG Semarang. Fitur-fitur kualitas kebangsaan dan keilmuan tersebut merupakan ciri pembeda atau identitas tersendiri yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan tinggi lainnya;

(3)   bahwa entitas akademik UNTAG Semarang melahirkan anak bangsa yang mampu berperan dalam berbagai ragam formalitas kebangsaan dan atau keilmuan di berbagai bidang. Dalam formalitas yang tinggi, anak bangsa tersebut mampu tampil dan berperan sesuai dengan aturan dan konvensi yang ada secara profesional dalam bidang mereka masing-masing. Dalam ragam informalitas, anak bangsa tersebut mampu memiliki sifat-sifat terbuka, fleksibel, ramah, dan pandai bergaul dalam berbagai situasi dan kondisi yang mereka hadapi, namun mereka tidak terhanyut oleh arus globalisasi ideologi negatif dan arus globalisasi teknologi informasi negatif, yang akan merusak fisik, mentalitas, moralitas, masa kini, dan masa depan mereka.

Demikianlah UNTAG Semarang mewariskan karakter kebangsaan dan keilmuan kepada para anak bangsa. Semoga keinginan luhur UNTAG Semarang sebagai bagian dari tulang punggung akademik NKRI ini tetap terjaga dan terwujud dalam realisasi nyata untuk mendidik dan memelihara anak bangsa.

Dari latar belakang di atas, tanggal 13  September 2013 nanti UNTAG Semarang akan berulang tahun (anniversary) EMAS, yaitu 50 tahun sejak berdirinya tanggal 13 September 1963. Program ini diharapkan mampu membangkitkan, mengembangkan, dan memperkokoh ideologi kebangsaan (nasionalisme-patriotisme) di Indonesia, sehingga anak bangsa mau menimba ilmu di UNTAG Semarang dan akan memiliki karakter bangsa yang tidak tergoyahkan seperti dalam visi dan misi UNTAG Semarang.

UNTAG Semarang merasa sangat perlu belajar dari potensi dan kompetensi Bapak-Bapak Bangsa yang memiliki wawasan dan idealisme luas atas ideologi kebangsaan Indonesia sehingga bersama-sama dengan masyarakat Indonesia, UNTAG Semarang dapat turut menabur benih-benih untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Elaborasi ideologi kebangsaan ini perlu dikaji dalam suatu forum diskusi, sehingga UNTAG Semarang dapat memperoleh wawasan kebangsaan Indonesia yang sangat berarti secara internal untuk membekali para mahasiswa UNTAG Semarang sebagai kader/kandidat pemimpin bangsa dan secara eksternal untuk turut berpartisipasi dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kontak PMB

  • Kontak Person
  • No. HP: 081 7951 7204
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

Kontak Universitas

  • Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur Bhendan Duwur
  • No. Telp.: 024-8441771
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

Lembaga Penelitian

  • Kontak Person:
  • No. HP:
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

UPT Perpus

Nama : Arin Luthfiyah
Telp/HP : 087746487343
Email : arinluthfiyah@gmail.com
Fax : 024-8441772