e-learning

untag cloud data

SIMPEG

tracer studi

wawasan kebangsaan

SIM Peneliti

Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

1. Pengembangan Kurikulum

  • Upaya menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan penyediaan tenaga kerja terampil dan siap melaksanakan pekerjaan di lapangan, maka dalam tahun pertama Renstra ini akan dilakukan penyempumaan Kurikulum. Penyempumaan kurikulum dimaksud mengacu kepada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 232/SK/2000. Kurikulum berbasis kompetensi harus sudah mulai diterapkan pada akhir tahun 2004, sehingga diharapkan para lulusan memiliki kualifikasi keahlian sebagaimana dituntut oleh dunia kerja.
  • Untuk dapat menyusun kurikulum berbasis kompetensi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja, maka perlu dilakukan penjaringan informasi dari stake holder,berbagai asosiasi penyedia lapangan kerja dan para pengusaha yang akan memakai para lulusan yang dihasilkan. Dari penjaringan informasi ini akan diperoleh kualifikasi atau jenis keterampilan/keahlian yang banyak dibutuhkan oleh pemakai tenaga kerja.
  • Dalam tahun pertama Renstra ini juga disusun Silabi, Satuan Acara Perkuliahan, Buku Ajar dan kelengkapan proses pembelajaran lain. Hal ini penting menyusul perubahan kurikulum yang lebih disesuaikan dengan tuntutan kompetensi lulusan yang diharapkan oleh pasar tenaga kerja.
  • Sosialisasi perubahan kurikulum juga sangat penting dilakukan sehingga semua sivitas akademika yang terlibat dalam Proses Pembelajaran, khususnya mahasiswa yang mengalami masa transisi dengan perubahan kurikulum dimaksud.
  • Sejalan dengan pengembangan bidang kurikulum ini, juga dikembangkan  program pelatihan mahasiswa akhir. Hal ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada mahasiswa tingkat akhir keterampilan khusus yang minimal dapat memberikan nilai lebih terhadap kelulusannya. Adanya keterampilan khusus dimaksud diharapkan lulusan dapat memasuki pasar kerja dengan waktu tunggu yang sangat pendek. Salah satu bentuk pelatihan keterampilan khusus adalah program Magang pada perusahaan/instansi tertentu. Program ini harus terus dilakukan sampai dengan akhir periode Renstra sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat dan teknologi.
  • Untuk lebih meningkatkan keberhasilan upaya pengembangan di bidang pendidikan dan pengajaran,khususnya dalam rangka mendekatkan lulusan kepada dunia kerja, segenap komponen pendidikan dan pengajaran UNTAG Semarang diharapkan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah/ birokrasi, dunia usaha maupun sektor swasta dan masyarakat lainnya. Program ini akan terns dilaksanakan sampai akhir periode Renstra sehingga menjadi program yang berkelanjutan.
  • Tidak kalah penting juga dalam rangka meningkatkan  proses pembelajaran, ditingkatkan pula peranan  Pembimbing Akademik, sebagai pendamping mahasiswa dalam proses studinya. Proses perwalian yang dilakukan Pembimbing Akademik diharapkan meningkatkan motivasi belajar mahasiwa sehingga akan mampu menyelesaikan studi dalam waktu sebagaimana ketentuan yang beriaku.

2. Pengembangan Program Studi Baru.

  • Perkembangan kehidupan masyarakat dan dunia usaha terns berkembang dengan pesat sejalan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian pula kebutuhan akan penyediaan tenaga kerja yang terampil dan mampu melaksanakan tugas-tugas pekerjaan yang semakin komlek semakin meningkat jumlah dan macam kualifikasi yang diminta. Sehingga UNTAG Semarang mampu merespon perkembangan tersebut maka perlu segera dilakukan langkah-langkah untuk pengembangan program studi baru.
  • Langkah pertama yang perlu ditempuh adalah dengan  melakukan penjaringan informasi kebutuhan pasar dari para alumni sendiri yang tersebar di berbagai bidang kerja di berbagai wilayah kerja. Hasil penjaringan informasi ini dipergunakan sebagai dasar pertimbangan ,bentuk, jenis dan jenjang program studi yang akan dibentuk.
  • Langkah yang juga perlu dilakukan adalah melakukan pendekatan dan menjaring informasi sekaligus merintis kerjasama dengan dunia usaha, jajaran birokrasi dan pihak-pihak lain yang diharapkan akan menjadi pengguna lulusan UNTAG Semarang. Informasi ini mencakup kualitas dan spesifikasi keahlian minimal apa yang perlu diberikan kepada para lulusan program studi sehingga para lulusan tersebut nantinya dapat segera terserap di dunia kerja.

3. Penyempurnaan Pola Ilmiah Pokok

Sejalan dengan usaha untuk selalu dapat Menyesuaikan perkembangan yang ada, maka perlu dilakukan peninjauan kembali Pola Ilmiah Pokok UNTAG Semarang. Peninjauan kembali ini segera dilakukan pada tahun 2005 oleh karena hasil penyempumaan Pola Ilmiah Pokok akan memberi wama bagi segenap kegiatan baik akademik maupun non akademik yang dilakukan.

4. Pengembangan Proses Pembelajaran

Strategi UNTAG Semarang untuk menjadi pelopor dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang handal tidak dapat tercapai bilamana tidak dilakukan penyempumaan dalam Proses Pembelajaran. Pada tahun 2006 dan seterusnya akan dilakukan peningkatan baik pada efektivitas perkuliahan, penggunaan sumber belajar, pengembangan metode perkuliahan sampai dengan rintisan penggunaan multimedia, juga peningkatan strategi perkuliahan. Hal ini sejalan dengan perkembangan jumlah mahasiswa yang diharapkan akan semakin meningkat pada dua tahun yang akan datang. Penyempurnaan peraturan akademik dengan penyelarasan peraturan di semua Fakultas dan Program Studi yang ada. Peraturan dimaksud menyangkut Pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) sampai dengan proses evaluasi hasil belajar mahasiswa.

5. Peningkatan Penelitian dan Pengembangan.

Sebagai wujud universitas yang menjadi pelopor dalam penyelenggaraan proses pendidikan tinggi yang handal, pelaksanaan dharma kedua dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian dan Pengembangan harus juga ditingkatkan. Direncanakan mulai tahun ketiga Renstra ini dilakukan pengembangan informasi dan jural penelitian untuk dapat mengembangkan materi penelitian yang akan dilakukan. Di samping itu juga ditingkatkan frekuensi penelitian serta jumlah dosen yang terlibat dalam setiap penelitian. Juga terus dilakukan upaya peningkatan penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan model penelitian serta jangkauan ruang lingkup penelitian yang akan diselenggarakan. Dalam rangka peningkatan bidang penelitian dan pengembangan ini juga akan dilakukan pengembangan jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi lain serta pihak-pihak donator dan pemakai hasil penelitian.

6. Peningkatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Hubungan perguruan tinggi dengan masyarakat dijalin secara harmonis dan saling membutuhkan satu dengan yang lain disadari oleh UNTAG Semarang dengan melaksanakan Dharma Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengembangan jaringan informasi dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan ditingkatkan pada tahun kedua Renstra. Sejalan dengan hal tersebut ditingkatkan minat serta jumlah dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Wilayah binaan yang sudah dimiliki oleh Fakultas yang ada terus ditingkatkan pembinaannya bersamaan dengan pengembangan kerjasama dengan pihak pemerintah, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan yang ada.

PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI

  • Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Penerimaan Mahasiwa Baru dengan lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensinya baik dalam pola seleksi penerimaan mahasiswa, pola promosi pengenalam program studi serta perluasan jangkauan wilayah asal calon mahasiswa.
  • Jumlah mahasiswa sebagai potensi utama kelangsungan proses pendidikan secara bertahap akan ditingkatkan sehingga seluruh kapasitas pendidikan yang dimiliki dapat dipenuhi secara maksimal.
  • Pembinaan kemahasiswaan ditingkatkan sedemikian rupa sehingga lulusan yang akan dihasilkan memiliki kemampuan lebih dari lulusan perguruan tinggi lain, baik ditingkat penalaran, keterampilan penelitian/ilmiah maupun kepekaan mahasiswa terhadap persoalan masyarakat.
  • Kemampuan mahasiwa dalam berorganisasi dan mengembangkan bakat dan minatnya perlu mendapat dukungan dan pembinaan. Keterampilan non akademik perlu terus ditingkatkan baik di bidang organisasi, olah raga, seni dan penalaran sehingga memiliki keterampilan mempraktekkan manajemen dan organisasi dengan baik, sekaligus menyerap serta menampung
  • Peningkatan kesejahteraan mahasiswa sebagai bagian dari pembinaan bidang kemahasiswaan juga ditingkatkan selama periode Renstra, dengan harapan tercipta dukungan kepada prestasi dan keberhasilan penyelesaian studi mahasiswa.
  • Pembinaan alumni periu terus ditingkatkan sebagai upaya mempererat jalinan kerjasama dan informasi bagi pengembangan UNTAG di masa yang akan datang.

PENINGKATAN POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA

1. Peningkatan Potensi Dosen

Potensi dosen yang dimiliki UNTAG Semarang terus ditingkatkan baik dari segi kemampuan pendidikan akademik Jenjang jabatan akademik maupun kemampuan profesionalisme yang dimilikinya. Pengembangan kemampuan dosen diharapkan mampu memberi jaminan akan tingkat kemampuan lulusan yang dihasilkan.

2. Peningkatan kemampuan karyawan administrasi

Juga perlu mendapat perhatian sebagai unsur keberhasilan mahasiswa dalam penyelesaian studi, maupun sebagai penyelenggara administrasi perguruan tinggi pada umumnya. Penetapan jenjang pendidikan sebagai dasar penunjukan dalam jabatan administratif perlu diterapkan dengan konsisten, didukung dengan program pendidikan dan latihan yang dikembangkan baik di lingkungan internal maupun dengan pengiriman tugas belajar/kursus keterampilan di luar UNTAG Semarang.

3. Kesejahteraan

UNTAG Semarang menyadari dengan sepenuhnya akan semakin meningkatnya beban hidup masyarakat yang bertambah, termasuk pula yang dialami oleh karyawan UNTAG baik edukatif maupun administrasi. Dalam periode Renstra, secara bertahap akan dilakukan peningkatan di bidang kesejahteraan pegawai, diiringi pula oleh peningkatan kesadaran akan hak dan kewajiban seluruh karyawan UNTAG Semarang.

PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA.

  • Dalam rangka menjamin berlangsungnya penyelenggaraan proses pendidikan, maka sarana dan prasarana UNTAG Semarang akan ditingkatkan dalam segi efektivitas dan efisiensi penggunaan/pemanfaatannya. Analisis terhadap masterplan yang ada, perlu dilakukan mengingat perkembangan keadaan struktur tanah, tingkat kebutuhan dan sumber daya yang ada. Dengan demikian, akan dapat disusun rencana pembangunan yang lebih komprehensif, dan dapat mengakomodasi semaksimal mungkin kebutuhan yang ada.
  • Aspek pemeliharaan kampus juga lebih ditingkatkan lagi, mengingat semakin kompleks lengkapnya sarana/prasarana yang ada. Dalam kaitan ini tidak hanya mencakup pemeliharaan, kebersihan, ketertiban juga termasuk di dalamnya aspek keamanan kampus dengan segala isinya.
  • Menanggapi kebutuhan sarana/prasarana yang dituntut oleh perkembangan yang ada, akan dikembangkan sarana dan prasarana yang mendukung proses penyelenggaraan pendidikan; Efektivitas dan efisiensi penggunaan pemanfaatan gedung yang ada akan ditingkatkan lagi dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak/komponen yang ada di UNTAG Semarang. Disusun pula perencanaan untuk pengembangan sarana dan prasarana baru seperti perpustakaan, laboratorium, aula dan sarana ibadah. Akan dilengkapi pula sarana olah raga dan sarana publik lainnya.

PENINGKATAN PERAN KELEMBAGAAN

  • Secara kelembagaan, UNTAG Semarang akan meningkatkan peran kelembagaan secara umum. Penetapan dan pemantapan struktur organisasi baik di tingkat Universitas dan Fakultas, harus sudah dilakukan menjelang pergantian pimpinan periode yang akan datang. Hal dimaksud mencakup aspek legalitas dalam bentuk Surat Keputusan yang mengatur tentang pembakuan struktur organisasi Universitas.
  • Perlu dilakukan analisis jabatan untuk dapat menyusun struktur organisasi beserta persyaratan personalia dan rincian tugas dan wewenang yang dibutuhkan. Analisis ini diharapkan ada keselarasan bentuk dan struktur organisasi Fakultas, Lembaga dan Bagian di lingkungan UNTAG Semarang.
  • Aspek keterbukaan dalam proses regenerasi pimpinan di tingkat Universitas, Fakultas, Lembaga dan Bagian akan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan era keterbukaan yang berlangsung.
  • Dalam rangka mengikuti perkembangan keadaan yang ada, maka perlu dilakukan peninjauan kembali segala peraturan Universitas yang tidak dapat mengakomodasi kebutuhan masa sekarang dan yang akan datang. Untuk itu, akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh dalam hal kelembagaan baik di bidang edukatif/akademik maupun administrasi dan keuangan. Dari peninjauan kembali ini akan tercipta kesatuan dalam gerak langkah dan etika administrasi dan organisasi di lingkungan UNTAG Semarang. Kondisi ini maka secara kelembagaan UNTAG Semarang akan dapat meningkatkan perannya menyongsong perkembangan yang ada.
  • Sebagai lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di dunia modern sekarang dan yang akan datang, tidak dapat mencapai tujuan secara maksimal tanpa adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan program yang dilakukan. Untuk itu, harus tetap dijaga dan meningkatkan jalinan kerjasama yang sudah ada selama ini untuk lebih memajukan UNTAG Semarang. Selanjutnya mulai tahun ketiga Renstra, sesudah dilakukan persiapan berbagai aspek yang dibutuhkan, harus dikembangkan jalinan kerjasama baru yang lebih luas dan lebih intensif dari segi materi dan cakupannya, baik dengan Perguruan Tinggi lain, Pemerintah, Dunia Usaha/Pengusaha dan Masyarakat pada umumnya.
  • Jalinan dengan universitas yang seazas perlu ditingkatkan lagi untuk menjamin dan mengembangkan kemandirian dan pencapaian visi, misi UNTAG Semarang.

PENGEMBANGAN ADMINISTRASI DAN KEUANGAN

  • Kegiatan administrasi adalam proses pendukung yang sangat penting bagi terselenggaranya kegiatan organisasi. Penyelenggaraanadministrasi secara tertib, efektif dan efisien akan ditingkatkan lagisejak tahun pertama Renstra. Diharapkan ada keselarasan  dalam penggunaan sarana dan perangkat lunak administrasi di lingkungan UNTAG Semarang.
  • Di bidang administrasi keuangan akan ditingkatkan sistem akuntansi keuangan sehingga terdapat kejelasan proses keuangan di lingkungan UNTAG Semarang. Demikianjuga aspek transparansi sistem anggaran dan pembelanjaan, termasuk di dalamnya monitor dan mekanisme pelaporan keuangan akan lebih dikembangkan lagi.
  • Pemeliharaan sarana administrasi yang ada perlu terus ditingkatkan efektivitas dan efisiensinya yang akan berdampak kepada system pendanaan Universitas.

PENINGKATAN AKADEMIK ATMOSFIR

  • Tata kehidupan kampus yang bemuansa akademik/ilmiah perlu terus ditingkatkan sebagai media peningkatan kualitas intelektual segenap sivitas akademika UNTAG Semarang. Peningkatan presentasi ilmiah baik dosen, mahasiswa maupun pembicara tamu harus selalu dilakukan baik dad segi frekuensi maupun kualitasnya. Selain hal tersebut, ditingkatkan pula frekuensi danjumlah keterlibatan dosen, mahasiswa dan karyawan untuk terlibat dalam forum akademik baik internal maupun eksternal.
  • Sejalan dengan butir di atas, akan ditingkatkan motivasi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian ilmiah baik secara mandiri maupun kelompok.
  • Tidak kalah penting juga peningkatan perpustakaan, baik dalam jumlah koleksi buku, kenyamanan pembaca dan fasilitas pendukung lain.
  • Komunikasi ilmiah dengan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta serta lembaga penelitian/publikasi lain harus dikembangkan secara berkelanjutan.

PENINGKATAN TATA KRAMA PERGAULAN KAMPUS

  • Tata pergaulan kampus menjadi unsur penting yang ikut menentukan keberhasilan penyelesaian studi mahasiswa, maupun hubungan inter personal segenap sivitas akademika. Pengembangan hubungan dosen dan mahasiwa, dosen dan karyawan, mahasiswa dan karyawan secara timbal balik yang harmonis dan sating mengisi akan menciptakan tata pergaulan kampus yang kondusif bagi kemajuan UNTAG secara kelembagaan.
  • Tata pergaulan kampus yang kondusif juga dapat meningkatkan kepekaan para mahasiswa dan karyawan terhadap persoalan-persoalan yang muncul di lingkungannya sehingga dapat memberikan respon positif, yang pada akhimya berdampak positifpula bagi UNTAG Semarang secara keseluruhan.
  • Komunikasi timbal balik yang harmonis antara pimpinan dan bawahan secara vertikal maupun di antara karyawan secara horizontal akan ditingkatkan dan dikembangkan efektivitasnya sehingga mampu membentuk kesatuan dan persatuan serta solidaritas karyawan yang meningkatkan pula loyalitas kepada lembaga.
  • Tata krama kehidupan kampus dimaksud akan terus dikembangkan dan ditegakkan dalam mencapai tujuan UNTAG Semarang.

 

 

Prosiding dan jurnal

 

   
     

Kontak PMB

  • Kontak Person
  • No. HP: 089 999 1 1717
  • WA: 089 999 1 1717
  • FB : https://www.facebook.com/UNTAG-Semarang
  • BBM: -
  • SMS Center: 85640385949

Kontak Universitas

  • Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur Bhendan Duwur
  • No. Telp.: 024-8441771
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

Lembaga Penelitian

  • Kontak Person:
  • No. HP:
  • WA: -
  • BBM: -
  • SMS Center: 085713883510

UPT Perpus

Nama : Arin Luthfiyah
Telp/HP : 087746487343
Email : arinluthfiyah@gmail.com
Fax : 024-8441772